LPMD

31 Januari 2017 19:23:28 WIB

LPMD merupakan sebuah wadah atau lembaga yang berasal dari inisiatif masyarakat dan kemudiann difasilitasi oleh pemerintah desa melalui sebuah musyawarah mufakat.

LPMD juga merupakan mitra atau rekan kerja pemerintah desa di dalam menampung serta mewujudkan aspirasi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan desa.

Dengan adanya LPMD diharapkan lembaga ini mampu menjadi rekan kerja yang baik bagi pemerintah desa di dalam menyusun atau melaksanakan serta mengendalikan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan masyarakat.

LPMD adalah lembaga yang bersifat lokal dan bertugas membantu pemerintah desa untuk mensukseskan pembangunan. Adapun hubungan yang dijalin antara LPMD dengan lembaga yang lain yakni bersifat kemitraan.

Lembaga lain yang dimaksud tersebut seperti BPD, Pemerintah Desa, atau berbagai Lembaga Kemasyarakatan yang lainnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh LPMD bertujuan untuk meningkatkan percepatan pembangunan. Langkah-langkah yang ditempuh bisa melalui:

  • Pengembangan kemitraan
  • Pemberdayaan masyarakat
  • Peningkatan pelayanan terhadap masyarakat
  • Peningkatan peran masyarakat di dalam mensukseskan pembangunan desa
  • Pengembangan berbagai kegiatan lain yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat di lingkungan setempat.

 

Tugas dan Fungsi LPMD

Sudah tentu setiap lembaga memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Tugas tersebut menjadi alasan dasar mengapa lembaga tersebut dibentuk. Tak terkecuali dengan LPMD yang memiliki beberapa tugas dan fungsi yang cukup penting di pemerintahan desa, khususnya dalam bidang pembangunan fisik.

Beberapa tugas yang dimiliki oleh LPMD yaitu sebagai berikut:

  • Menyusun rencana kerja tentang pembangunan desa yang disusun secara partisipatif dengan melalui musrenbang. Artinya, semua pihak terkait akan diminta mengemukaan ide atau gagasannya dalam proses penyusunan rencana kerja tersebut. Dengan begitu, perencanaan yang dilakukan sesuai dengan kemauan dan kepentingan bersama dan demi kemajuan desa yang pada akhirnya akan menguntungkan bersama.
  • Melaksanakan, memanfaatkan, mengendalikan, mengembangkan, dan juga memelihara di dalam melaksanakan pembangunan yang sifatnya partisipasif.
  • Menggerakkan dan juga mengembangkan sikap gotong royong, saling berpartisipasi, dan juga swadaya masyarakat.
  • Menumbuhkembangkan suatu kondisi yang dinamis antar masyarakat di dalam pemberdayaan masyarakat.

 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sumberejo

tampilkan dalam peta lebih besar